Join  

Lupa password

Silahkan masukan email untuk menerima email konfirmasi.

20200710172632.jpg

Mempelajari dan menganalisa pergerakan saham

  • Arbi Annaapi Kamil
  • 10 Juli 2020
  • #Mempelajari saham #menganalisa saham

Kunci untuk menganalisa saham

Halo Warriors, kali ini DT Warrior akan membahas mengenai dasar-dasar apa saja yang perlu dipahami untuk menganalisa saham khususnya untukUS Market. Kebanyakan trader pemula tentu akan bingung memilih saham mana yang akan dipilih untuk dibeli, karena diUS Marketbanyak sekali saham yanglisting,belum lagi akan banyak sekali platform dan indikator yang disediakan oleh broker dalam menganalisa saham, para trader pemula tentu akan terus mencari strategi trading yang dapat menganalisa pergerakan saham dengan rasio profit 100% yang pada kenyataannya hal itu tidak akan pernah ada. Tetapi sebagai trader pemula, setidaknya harus mengetahui dasar dalam menganalisa saham.

 

Bagaimana menganalisa Saham dengan benar?

Secara umum ada dua cara menganalisis pergerakan saham, yaitutechnical analysisdanfundamental analysis. Technical analysisadalah analisis yang dilakukan terhadap pola-pola pergerakan harga pada pasar yang dipengaruhi faktor-faktor tertentu, sedangkanfundamental analysisadalah analisis saham pada komponen-komponen seperti laba atas ekuitas, nilai buku, laba per saham, dan beberapa rasio keuangan lainnya.

 

Memahami dasar-dasar dalam bisnis

Sebelum terjun dalam dunia saham, kita juga perlu memahami dasar-dasar dalam dunia bisnis, terutama yang terkait dalam laporan keuangan. Membaca laporan keuangan yang benar juga diperlukan terutama bagi kita yang ingin terjun ke dunia trading dan investasi saham dengan menggunakanfundamental analysis.Ada beberapa laporan keuangan yang perlu dipahami oleh para trader dan investor saham :

 

Laporan Laba Rugi

Mengidentifikasi laba atau pendapatan perusahaan dengan mengurangi biaya dari pendapatan.

Neraca

Membandingkan ekuitas pemegang saham dan kewajiban perusahaan terhadap aset perusahaan.

Laporan arus kas

Menggambarkan uang yang diterima dan dikeluarkan perusahaan sesuai tujuannya, termasuk investasi, pendanaan, dan kegiatan operasi.

Laporan keuangan merupakan bagian integral dari fundamental analysis, karena laporan keuangan memberikan informasi pada investor yang akan digunakan untuk bahan analisis mereka. Informasi dalam laporan keuangan juga akan digunakan sebagai bahan untuk kebijakan investasi di masa yang akan datang.

 

Technical Analysis atau Fundamental Analysis

Dalam memilih metode analisis mana yang akan digunakan tentu akan sangat personal, karena nanti terkait dengan strategi anda dalam membeli saham, apakah anda mau menjadi investor jangka panjang seperti halnya Warren Buffet atau menjaditraderjangka pendek seperti George Soros?.Technical Analysiscocok digunakan para trader saham jangka pendek karena analis teknikal biasanya mengharapkan suatu momentum untuk mengharapkanreturndaricapital gainsaham itu sendiri. Sedangkanfundamental analysiscocok digunakan untuk para investor yang memang benar-benar menggunakan nilai uangnya untuk tujuan kepemilikan perusahaan tersebut, sehingga para investor jangka panjang biasanya tidak hanya mengharapkancapital gaintetapi jugadividendari porsi kepemilikan saham yang dia miliki. Tentu saja menjadi trader saham lebih banyak menyita waktu dibandingkan menjadi investor saham, karena menjadi trader akan lebih banyak transaksi. Sedangkan menjadi investor saham akan lebih fokus pada bagaimana strategi perusahaan yang dia miliki bisa terus diperbaiki dan menjadi lebih baik. Menjadi investor atau trader tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi di acara tersebut dapat menjadikan kita meraih kebebasan finansial. Jadi mau menjadi trader atau investor? Tergantung karakter kalian. Tentunya untuk meraih penghasilan harian, lebih baik memilih menjadi trader, karenacashflowdari keuntungan sebagai trader akan lebih cepat. Lalu bagaimana menjadi trader menggunakantechnical analysis?.

 

Mempelajari pergerakan market menggunakan technical analysis

Technical analysisatau analisis teknikal merupakan metode analisis dengan mempelajari pola pergerakan pasar di masa lalu untuk mengukur pergerakan harga di masa depan. Ini juga bisa disebutstudy of price.Analisis teknikal intinya berfokus pada pola,trenddan grafik yang menggambarkan harga perusahaan. Konsep analisis teknikal meyakini bahwa kinerja harga saham secara historis akan menunjukan kinerja yang sama di masa depan. Berbeda dengan analis fundamental yang berfokus pada perusahaan tersebut, analisis teknikal lebih berfokus pada pola-pola pergerakan harga saham dan mencari pola-pola berulang dalam menganalisa harga saham di masa depan. Ada tiga prinsip utama dalamtechnical analysis yaitu :

1. Harga saham bergerak di dalam tren

Harga saham cenderung bergerak dalam tren dan membentuk pola harga seperti anak tangga. Setelah tren terbentuk, pergerakan harga di masa depan lebih cenderung bergerak ke arah yang sama.

2.History repeats itself

Dengan mengenal pola pergerakan harga tertentu pada sebuah saham, maka bisa diasumsikan pola-pola tersebut akan terulang kembali di masa depan, Sebagian besar pola grafik yang digunakan dalam analisis teknikal telah ada selama 100 tahun atau lebih.

 

Rekomendasitrading signaldari analis professional

Mempelajari analisis teknikal memang membutuhkan waktu dan jam terbang, sehingga banyak para trader pemula yang ingin belajar saham terutama diUS Market diharuskan belajar dulu pada trader berpengalaman atau lembaga edukasi yang tersedia. Selain belajar, trader pemula juga bisa mendapatkantrading signal harian sebagai rekomendasi untuk para daytrader pemula. DT Warrior merupakan lembaga edukasi yang berfokus pada saham pasar Amerika menyediakan pelatihan dantrading signalbagi para pemula.

 


Share :

Syarat dan ketentuan

close