Join  

Lupa password

Silahkan masukan email untuk menerima email konfirmasi.

20200830174940.jpg

Trading Menggunakan Akun Demo

  • Arbi Annaapi Kamil
  • 30 Agustus 2020
  • #dtwarrior # investasi # saham # trading

Pentingkah Trading Menggunakan Akun Demo Terlebih Dahulu?

 

Di dunia investasi dan trading baik itu saham, CFD, Futures atau Forex memiliki resiko dan tidak mudah. Semua hal yang berkaitan dengan investasi pasti memiliki resiko, entah kecil atau besar, karena hal-hal yang berkaitan dengan investasi berkaitan juga dengan probabilitas, bisa jadi analisa yang kita lakukan salah dan kita mengalami loss. Menganalisa pergerakan harga merupakan skill yang membutuhkan waktu untuk belajar dan jam terbang, maka untuk para pemula sangat penting untuk sering berlatih menganalisa dan trading agar dapat meningkatkan jam terbang seperti halnya pilot yang juga menggunakan simulasi untuk terbang sebelum mengendalikan pesawat sungguhan. Terdapat beberapa pro dan kontra di kalangan trader mengenai penggunaan akun demo dalam trading.

 

Kalangan Pro Menggunakan Akun Demo Terlebih Dahulu

 

Kelebihan akun demo adalah bebas resiko, seorang trader pemula bisa melakukan riset terlebih dahulu dalam memahami pergerakan pasar, jika trader mengalami loss maka akan dijadikan sebagai pembelajaran tanpa harus merasakan kerugian uang. Dengan menggunakan akun demo kita bisa mempelajari chart dan karakter setiap saham lebih baik, juga sebagai alat Latihan dalam pengambilan keputusan di masa depan. Karena menganalisa pergerakan market merupakan keterampilan atau skill yang membutuhkan jam terbang, sehingga menggunakan akun demo menjadi awal yang baik untuk trader pemula. Terutama trader pemula yang baru mempelajari trading dari teori atau dari buku atau internet, berlatih menggunakan akun demo akan dapat meningkatkan kemampuan trading lebih baik karena dihadapkan dengan keadaan seperti aslinya. Banyak dari kalangan trader professional yang memulai tradingnya menggunakan akun demo terlebih dahulu, lalu baru menggunakan akun real dengan dana yang kecil agar meminimalkan resiko.

 

Kalangan Kontra Menggunakan Akun Demo

 

Tetapi dari kalangan trader juga banyak yang berpendapat akun demo tidak akan menggambarkan keadaan sebenarnya karena dengan menggunakan akun demo, trading menjadi tanpa resiko, ini dapat mempengaruhi mental trader yang menggunakan akun demo. Mental trading merupakan salah satu variable penting dalam trading, ini juga dipengaruhi dari money management dalam bertrading, jika menggunakan akun demo, money management cenderung asal-asalan karena trader akan berpikir akun demo tidak memiliki resiko. Jika kita mengalami loss di akun demo akan berbeda dengan akun real, dengan akun real kita akan cenderung lebih berhati-hati ke depannya, sedangkan dengan akun demo, akan ada kecenderungan tidak mengambil pelajaran ke depannya. Sebaliknya bila profit pun bila di akun demo, trader tidak akan sesenang trader yang menggunakan akun real. Terkadang kalangan trader professional baru sukses saat dia mengalami loss besar dengan menggunakan akun real, karena sudah sangat paham pola market dan dia benar-benar memperbaiki kesalahannya lebih baik dari pemula yang loss besar dari akun demo.

 

Kapan Kita Harus Menggunakan Akun Demo ?

 

Bila anda tidak memiliki cukup uang untuk disiapkan rugi dan anda merupakan jenis trader konservatif, maka akun demo merupakan awal yang baik. Menggunakan akun demo merupakan pengenalan awal yang baik dalam mempelajari mekanisme dan teori investasi dan trading. Setelah anda menemukan rule yang baik dan system yang nyaman, maka anda bisa pindah ke akun real secara perlahan. Tidak ada paksaan bagi anda untuk langsung bertrading menggunakan uang real, maka lebih baik anda menggunakan akun demo terlebih dahulu untuk beradaptasi dengan keadaan pasar. Mulailah menggunakan akun real dengan jumlah yang sesuai dengan apa yang anda latih di akun demo.

 

 


Share :

Syarat dan ketentuan

close